9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Mobil Listrik Nissan Leaf - Domo Hybrid EV

Membeli mobil listrik adalah keputusan yang penting dan memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah delapan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil listrik:

1. Jarak Tempuh (Range) dan Kebutuhan Harian:

Pertimbangkan jarak tempuh mobil listrik dan pastikan bahwa jarak tempuhnya mencukupi untuk kebutuhan harian Anda. Perhatikan seberapa sering Anda akan menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh dan pastikan mobil memiliki daya tahan baterai yang sesuai.

 

Baca Juga: Berapa Jarak Tempuh Maksimal Mobil Listrik?

2. Infrastruktur Pengisian Daya:

Periksa ketersediaan stasiun pengisian daya di wilayah Anda. Pastikan ada stasiun pengisian daya di dekat tempat tinggal atau tempat-tempat yang sering Anda kunjungi. Pertimbangkan pula tipe pengisian daya (cepat atau lambat) yang diperlukan oleh mobil yang Anda pilih.

3. Biaya Pengisian dan Penghematan Bahan Bakar:

Hitung biaya pengisian listrik dan bandingkan dengan biaya bahan bakar konvensional. Meskipun biaya per mil (atau kilometer) lebih rendah untuk mobil listrik, perhitungkan juga biaya penginstalan charger di rumah dan biaya pengisian di stasiun pengisian publik.

4. Biaya Pembelian dan Insentif Pemerintah:

Bandingkan harga pembelian mobil listrik dengan mobil konvensional sejenis. Periksa apakah ada insentif atau subsidi pemerintah untuk pembelian kendaraan listrik di wilayah Anda, seperti potongan harga, pembebasan pajak, atau subsidi pengisian daya.

5. Biaya Perawatan dan Suku Cadang:

Kendaraan listrik umumnya memerlukan sedikit perawatan dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar konvensional. Namun, periksa biaya perawatan rutin, termasuk penggantian baterai jika diperlukan. Periksa juga ketersediaan dan harga suku cadang kendaraan listrik.

dan estimasi masa pakai baterai kendaraan listrik yang Anda pertimbangkan. Baterai kendaraan listrik memiliki masa pakai yang terbatas, biasanya diukur dalam jumlah siklus pengisian dan pengosongan. Pertimbangkan biaya penggantian baterai dan apakah produsen menawarkan garansi atau program pertukaran baterai.

6. Kinerja dan Kecepatan Pengisian:

Perhatikan kinerja kendaraan listrik, termasuk kecepatan maksimum dan akselerasi. Periksa juga kecepatan pengisian daya. Beberapa kendaraan listrik memiliki teknologi pengisian cepat yang memungkinkan baterai terisi lebih cepat.

7. Garansi dan Dukungan Purna Jual:

Periksa garansi yang ditawarkan oleh produsen untuk mobil listrik, terutama untuk baterai dan komponen-komponen listrik. Pastikan ada dukungan purna jual yang baik dan layanan purna jual yang mudah diakses di wilayah Anda.

8. Keberlanjutan Lingkungan dan Daur Ulang Baterai:

Pahami dampak lingkungan dari produksi dan pembuangan baterai mobil listrik. Perusahaan mobil sering memiliki program daur ulang baterai, tetapi pastikan untuk memahami bagaimana dan di mana baterai mobil akan didaur ulang setelah akhir masa pakainya.

Beberapa Kendaraan listrik dapat mengalami penurunan performa baterai saat digunakan dalam cuaca ekstrem, terutama cuaca sangat dingin. Pelajari bagaimana kendaraan listrik yang Anda pertimbangkan menanggapi suhu rendah atau tinggi dan seberapa jauh jarak tempuhnya dapat berkurang dalam kondisi tersebut.

9. Ketersediaan Suku Cadang dan Teknisi Terlatih:

Pastikan ada teknisi yang terlatih untuk memperbaiki kendaraan listrik di wilayah Anda. Periksa ketersediaan suku cadang dan pastikan bahwa perawatan dan perbaikan kendaraan listrik dapat dilakukan dengan mudah tanpa masalah logistik yang berlebihan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang informasional dan cerdas saat membeli kendaraan listrik. Pastikan untuk melakukan penelitian yang mendalam, menguji mobil sebelum membeli, dan berkonsultasi dengan dealer mobil atau spesialis kendaraan listrik untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.

 

Agar Anda bisa lebih aman saat menggunakan kendaraan listrik, bahkan bawa kendaraan listrik saat hujan, Anda bisa konsultasi dan rawat Mobil hybrid & listrik Anda, bawa ke DOMO Hybrid EV bisa jadi solusinya.

DOMO Hybrid EV adalah bengkel spesialis Mobil hybrid & listrik kerjasama Dokter Mobil dengan bengkel mobil hybrid dan listrik terkemuka di Malaysia yang sudah melalui proses riset dan pengembangan teruji.

Sehingga soal kualitas layanan dan penanganan seputar permasalahan Mobil hybrid & listrik, jelas tak perlu Anda ragukan.

Di DOMO Hybrid EV, Anda bisa lakukan perawatan hingga perbaikan Mobil hybrid & listrik, mulai dari perawatan baterai, performa, hingga seputar pengereman regeneratif.

Anda pun bisa dengan bebas berkonsultasi di sini karena teknisi DOMO Hybrid EV akan sepenuh hati menjelaskan bagaimana kondisi mobil listrik Anda serta kiat-kiat bagaimana penggunaan mobil listrik yang tepat untuk terhindar dari kerusakan.

Ingin coba langsung layanannya untuk lakukan perawatan mobil listrik Anda? Atau ingin bertanya-tanya lebih dulu untuk konsultasi?

Anda cukup menghubungi via WhatsApp di sini.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi bengkel DOMO Hybrid EV yang berlokasi di:

DOMO Hybrid EV
LokasiJl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dengan hadirnya DOMO Hybrid EV, penggunaan mobil listrik kini tak perlu Anda khawatirkan lagi. DOMO Hybrid EV bisa jadi solusi andalan untuk Anda tuju.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts