3 Cara Mengetahui Baterai Mobil Hybrid Rusak

Cara Mengetahui Baterai Mobil Hybrid Rusak

Anda Pemilik kendaraan Hybrid dan sedang mencari tahu bagaimana cara mengetahui mobil hybrid rusak?

Mobil Hybrid menggunakan dua sumber tenaga dari bensin dan motor listrik, apabila baterai hybrid mengalami kerusakan tentu saja akan berdampak terhadap performa mobil anda.

Cara Mengetahui Baterai Mobil Hybrid Rusak

Kami sudah merangkumnya, inilah beberapa cara Mengetahui Baterai Mobil Hybrid Rusak, simak disini.

Indikator Baterai

Salah satu cara mengetahui Baterai Mobil Hybrid rusak yaitu anda harus memperhatikan indikator baterai pada dashboard mobil.

Selain itu, Perhatikan Indikator baterai kondisi baterai mobil hybrid, jika menunjukkan kondisi baterai perlu diganti anda harus segera diganti atau diperbaiki.

Baca Juga: Bahaya Baterai Mobil Hybrid Panas, Jangan Sepelekan!

Performa Mobil Menurun

Anda bisa memperhatikan performa mobil hybrid, jika merasakan penurunan atau terasa kurang bertenaga ini menjadi tanda baterai mobil hybrid rusak.

Perhatikan juga apabila konsumsi bensin meningkat ini menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Suara Mesin Bensin

Anda bisa memperhatikan suara mesim mobil hybrid, jika mobil sedang melaju saat tinggi dan mesin bensin lebih sering menyala, kemungkinan baterai mobil hybrid tidak bisa menyimpan energi listrik dengan baik.

Ini menjadi tanda yang tidak boleh diabaikan, jadi anda harus memperhatikan apa yang terjadi pada mobil hybrid anda dengan baik.

Baterai pada mobil hybrid berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh mesin bensin saat sedang berjalan.

Kemudian motor listrik saat melaju dengan kecepatan rendah dan memberikan daya pada sistem elektronik mobil.

Biasanya kapasitas Baterai mobil hybrid berkisar dari 1,5 kWh hingga 6,4 kWh, usia baterai mobil hybrid biasanya 7-10 tahun tergantung dari cara perawatan dan penggunaan.

Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid agar Umur lebih Lama

  • Hindari Kebiasaan mengemudi yang buruk, jangan sembarangan melakukan perpindahan gigi, hindari berban berlebih, dan gunakan pengereman dengna tepat untuk mengisi ulang baterai saat mobil sedang berjalan.
  • Perawatan Rutin, Lakukan service mobil secara berkala, untuk pengecekan kondisi baterai dan hybrid lainnya, pastikan tidak ada karat dan AC Mobil bekerja dengan baik.
  • Parkir ditempat yang sejuk, jangan sembarangan parkir mobil hybrid, anda bisa parkir mobil ditempat yang sejuk, hindari memarkir mobil dibawah matahari langsung.

Baca disini: Ini Dia 7 Cara Merawat Mobil Hybrid supaya Awet

Penyebab Penurunan Performa Mobil Hybrid selain Baterai

Tentu saja terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan kerusakan pada mobil hybrid, apa saja simak disini.

  • Kerusakan kelistrikan, sistem kelistrikan pada mobil hybrid lebih kompleks diandingkan mobil konvensional, perhatikan komponen ini karena bisa menyebabkan penurunan performa.
  • Kerusakan mesin bensin, meskipun mobil hybrid menggunakan motor listrik, mesin bensin tetap berperan penting untuk menghasilkan tenaga, kerusakan pada mesin bensin bisa menyebabkan penurunan performa.

Selain melakukan pengecekan baterai pada indikator mobil hybrid, anda bisa menggunakan beberapa cara.

Anda bisa menggunakan Alat Scanner OBD yang langsung dihubungkan ke port OBD untuk membaca kesehatan baterai.

Selain itu pada mobil hybrid, saat ini telah terhubung menggunakan smartphone, jadi anda bisa melakukan pengecekan secara langsung.

Kemudan mobil hybrid terbaru juga dilengkapi dengan BMS yang memantau kesehatan baterai dan memberikan informasi kepada pengemudi.

Saat ini anda sudah mengetahui Cara Mengetahui Baterai Mobil Hybrid Rusak, Jangan sepelekan tanda-tanda yang diberikan oleh mobil hybrid anda, Silahkan datang ke Bengkel spesialis mobil hybrid Domo Hybrid.

Anda bisa datang atau melakukan reservasi melalui WhatsApp disini, Teknisi Domo Hybrid akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada mobil anda.

Kami menawarkan harga yang sangat terjangkau, ingin melakukan perbaikan silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penanganan bagi mobil anda.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts