Ini Dia 7 Cara Merawat Mobil Listrik supaya Ga Mudah Rusak

7 cara merawat mobil listrik

Mobil listrik telah menjadi pilihan populer bagi banyak pengendara karena efisiensinya dan dampak positifnya terhadap lingkungan.

Namun, seperti kendaraan lainnya, mobil listrik juga memerlukan perawatan rutin untuk menjaga performanya.

Kali ini, Domo Hybrid ingin berbagi informasi tentang cara merawat mobil listrik agar memiliki masa pemakaian yang lama.

So, buat Anda para pemilik mobil listrik, yuk simak pembahasan kami berikut ini!

Cara Merawat Mobil Listrik

Inilah 7 (tujuh) cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil listrik supaya awet dan tahan lama:

1. Cek Radiator Secara Rutin

Meskipun mobil listrik tidak memiliki mesin pembakaran internal seperti mobil konvensional, mereka tetap memerlukan sistem pendinginan untuk menjaga baterai dan komponen elektronik lainnya tetap dingin.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa radiator secara rutin. Ini termasuk memeriksa tingkat cairan pendingin dan memastikan tidak ada kebocoran.

Radiator yang terawat dengan baik akan memastikan mobil listrik Anda beroperasi secara efisien dan mencegah kerusakan pada baterai dan komponen elektronik lainnya.

2. Rutin Bersihkan Filter AC

Filter AC pada mobil listrik berperan penting dalam menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Filter yang kotor atau tersumbat dapat mengurangi efisiensi sistem AC dan menyebabkan masalah kesehatan bagi penumpang.

Oleh karena itu, penting untuk rutin membersihkan atau mengganti filter AC. Tindakan ini tidak hanya meningkatkan kualitas udara tetapi juga membantu menjaga efisiensi energi kendaraan Anda.

3. Cek Kondisi Oli Gardan

Meskipun mobil listrik tidak memerlukan oli mesin, mereka tetap menggunakan oli gardan untuk melumasi komponen transmisi.

Memeriksa dan mengganti oli gardan sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan sangat penting untuk menjaga transmisi mobil listrik Anda berjalan lancar.

Penggantian oli gardan yang teratur dapat mencegah kerusakan transmisi dan mengurangi risiko kerusakan mekanis yang mahal.

4. Hindari Mengisi Baterai Hingga 100 Persen

Salah satu aspek penting dalam cara merawat mobil listrik adalah pengelolaan baterai.

Para ahli menyarankan agar tidak sering mengisi baterai mobil listrik hingga 100% karena hal ini dapat memperpendek umur baterai.

Idealnya, mengisi baterai hingga sekitar 80% sudah cukup untuk kebanyakan kebutuhan harian dan membantu memperpanjang umur baterai.

5. Gunakan Charger Resmi

Menggunakan charger resmi yang disediakan atau direkomendasikan oleh pabrikan mobil listrik Anda adalah langkah penting dalam cara merawat mobil listrik.

Charger yang tidak resmi atau berkualitas rendah dapat menyebabkan kerusakan pada baterai atau sistem elektrik mobil Anda.

Selalu gunakan charger yang sesuai spesifikasi untuk menjaga keamanan dan efisiensi pengisian.

6. Utamakan Slow Charging

Mengutamakan slow charging (pengisian daya lambat) daripada fast charging (pengisian daya cepat) juga merupakan bagian penting dari cara merawat mobil listrik.

Meskipun fast charging lebih cepat, ia cenderung memanaskan baterai lebih banyak, yang dapat memperpendek umur baterai.

Slow charging lebih lembut pada baterai dan ideal untuk pengisian sehari-hari.

7. Parkir di Tempat Teduh

Memparkir mobil listrik Anda di tempat teduh dapat melindungi baterai dan komponen elektronik dari panas berlebih.

Suhu tinggi dapat mempengaruhi kinerja dan umur baterai. Oleh karena itu, ketika memungkinkan, usahakan untuk memarkir mobil Anda di bawah naungan atau di tempat parkir yang terlindungi.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Toyota Prius Hybrid Bersertifikasi

Rawat Mobil Anda bersama Domo Hybrid! Pioneer Bengkel Spesialis Mobil Listrik dan Hybrid di Indonesia

Buat Anda pemilik mobil listrik ataupun hybrid kini tidak perlu lagi bingung mencari bengkel untuk perawatan mobil Anda.

Domo Hybrid kini hadir untuk menemani dalam menjaga dan merawat mobil Anda agar memiliki masa pakai yang lama dan terhindar dari kerusakan.

Kami adalah bengkel spesialis mobil listrik dan hybrid pertama di Indonesia dan telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015.

Tim teknisi kami telah dilengkapi dengan pengetahuan mendalam dan peralatan terkini untuk mengatasi segala jenis masalah yang mungkin dihadapi oleh pemilik mobil listrik dan hybrid.

Mulai dari pemeliharaan rutin seperti pemeriksaan baterai dan sistem elektrik, hingga servis masalah yang lebih kompleks, Domo Hybrid menawarkan solusi lengkap yang memastikan kendaraan Anda beroperasi dengan efisiensi maksimal dan keandalan tinggi.

Yuk, pilih Domo Hybrid untuk perawatan kendaraan listrik dan hybrid Anda, dan rasakan perbedaan layanan berkualitas tinggi dari pelopor industri!

Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0819-0510-5272 atau klik link reservasi berikut ini.

Lokasi Domo Hybrid berada di Jl. Pegangsaan Dua No.5, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itulah dia sejumlah cara merawat mobil listrik agar tetap awet dan tahan lama pemakaiannya.

Merawat mobil listrik tidak terlalu berbeda dari merawat mobil konvensional, hanya saja terdapat beberapa aspek khusus yang perlu diperhatikan.

Memeriksa radiator secara rutin, membersihkan filter AC, mengecek kondisi oli gardan, menghindari pengisian baterai hingga 100%, menggunakan charger resmi, mengutamakan slow charging, dan memarkir di tempat yang teduh adalah langkah-langkah penting dalam menjaga kesehatan dan efisiensi mobil listrik Anda.

Dengan perawatan yang tepat, mobil listrik Anda akan memberikan performa yang optimal dan umur pakai yang lebih lama.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts