Perawatan Berkala Mobil Hybrid: Jadwal Servis yang Dianjurkan untuk Mobil Hybrid

Jadwal Servis yang Dianjurkan untuk Mobil Hybrid

Perawatan Berkala Mobil Hybrid: Jadwal Servis yang Dianjurkan untuk Mobil Hybrid

Mobil hybrid telah menjadi pilihan populer bagi banyak pengendara yang menginginkan efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Namun, untuk menjaga performa optimal dan umur panjang mobil hybrid, perawatan berkala sangat penting. Berikut adalah panduan jadwal servis yang dianjurkan untuk mobil hybrid.

Perawatan Berkala

Perawatan berkala pada mobil hybrid tidak hanya memastikan kendaraan beroperasi dengan efisien tetapi juga membantu mencegah kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan tinggi. Dengan mengikuti jadwal servis yang dianjurkan, pemilik mobil hybrid dapat menikmati kinerja optimal dan umur panjang kendaraan mereka.

Servis Rutin Setiap 5.000-10.000 Kilometer

Pemeriksaan Oli Mesin dan Filter

Oli mesin harus diperiksa dan diganti secara berkala untuk memastikan pelumasan yang optimal dan mencegah keausan pada komponen mesin. Penggantian filter oli juga penting untuk menjaga kebersihan oli.

Pemeriksaan Sistem Rem

Sistem rem pada mobil hybrid cenderung lebih awet karena penggunaan pengereman regeneratif. Namun, pemeriksaan rutin tetap diperlukan untuk memastikan semua komponen rem berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan, termasuk baterai dan kabel-kabel, harus diperiksa secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat mengganggu kinerja kendaraan.

Servis Setiap 20.000-30.000 Kilometer

Penggantian Filter Udara

Filter udara yang bersih memastikan mesin mendapatkan aliran udara yang cukup untuk pembakaran yang efisien. Penggantian filter udara secara berkala sangat penting untuk menjaga performa mesin.

Pemeriksaan dan Penggantian Busi

Busi yang aus atau kotor dapat menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan mengurangi kinerja mesin. Pemeriksaan dan penggantian busi sesuai dengan rekomendasi pabrikan sangat dianjurkan.

Pemeriksaan Sistem Pendingin

Sistem pendingin, termasuk radiator dan cairan pendingin, harus diperiksa untuk memastikan kendaraan tidak mengalami overheating. Penggantian cairan pendingin sesuai dengan jadwal servis sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Servis Setiap 50.000-60.000 Kilometer

Pemeriksaan dan Penggantian Baterai Hybrid

Baterai hybrid merupakan komponen kunci dalam mobil hybrid. Meskipun umumnya tahan lama, pemeriksaan rutin dan penggantian baterai sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat memastikan kinerja optimal kendaraan.

Pemeriksaan Sistem Transmisi

Sistem transmisi harus diperiksa secara rutin untuk memastikan perpindahan gigi yang halus dan efisien. Penggantian oli transmisi sesuai dengan jadwal servis sangat penting untuk menjaga kinerja transmisi.

Baca Juga : Bagaimana Menjaga Keamanan Saat Membawa Mobil Listrik ke Bengkel

Kesimpulan

Mematuhi jadwal servis yang dianjurkan untuk mobil hybrid adalah kunci untuk memastikan kendaraan beroperasi dengan efisien dan andal. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin, pemilik mobil hybrid dapat menghindari kerusakan besar dan biaya perbaikan yang tinggi. Perawatan yang tepat juga membantu memperpanjang umur kendaraan, sehingga investasi dalam mobil hybrid tetap bernilai dalam jangka panjang. Pastikan untuk selalu merujuk pada panduan pabrikan dan berkonsultasi dengan bengkel spesialis mobil hybrid untuk perawatan terbaik.

Lantas sudahkah anda memberikan perawatan yang tepat terhadap baterai mobil anda? Yuk berikan perawatan terbaik untuk mobil hybrid anda. Datang dan bawa mobil anda ke bengkel kami di Domo Hybrid EV.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts