Jenis-Jenis Baterai Mobil Listrik

6 jenis baterai mobil listrik

Jenis baterai mobil listrik menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih kendaraan listrik.

Dengan berbagai jenis baterai yang tersedia, pemahaman mendalam mengenai masing-masing jenis sangatlah penting untuk memastikan performa, daya tahan, dan efisiensi penggunaan mobil listrik Anda.

Pada artikel ini, Domo Hybrid akan membagikan sejumlah informasi mengenai jenis-jenis mobil listrik yang umum digunakan.

Jenis Baterai Mobil Listrik

Berikut adalah 6 (enam) jenis baterai yang biasa digunakan pada mobil listrik:

1. Baterai Lithium-Ion (Li-on)

Baterai lithium-ion (Li-ion) merupakan salah satu jenis baterai mobil listrik yang paling umum yang digunakan saat ini.

Baterai ini memiliki kepadatan energi yang tinggi, sehingga mampu menyimpan lebih banyak energi dalam ruang yang lebih kecil, sehingga membuatnya ideal untuk digunakan dalam mobil listrik.

Baterai Li-on juga memiliki tingkat self-discharge yang rendah dan masa pakai yang lebih lama dibandingkan jenis baterai lainnya.

Hanya saja, kelemahan utamanya adalah pada biaya produksi yang terlampau tinggi dan risiko keamanan yang terkait dengan potensi kebakaran.

2. Baterai Nickel-Metal Hybrid (NiMH)

Baterai Nickel-Metal Hybrid (NiMH) adalah jenis baterai mobil listrik yang juga umum digunakan.

Baterai NiMH merupakan pilihan yang lebih murah dibandingkan baterai Li-on. Baterai ini memiliki kepadatan energi yang lebih rendah, namun memiliki masa pakai yang lebih lama dan lebih tahan terhadap suhu ekstrem.

Namun, baterai NiMH memiliki kelemahan dalam hal berat yang lebih besar dan efisiensi pengisian yang lebih rendah dibandingkan dengan baterai Li-ion.

Meskipun begitu, baterai NiMH masih menjadi pilihan yang populer untuk digunakan pada beberapa model mobil listrik.

3. Baterai Lead Acid

Baterai lead acid adalah jenis baterai mobil listrik yang paling umum dan paling murah. Baterai ini memiliki kepadatan energi yang rendah dan masa pakai yang lebih pendek dibandingkan jenis baterai lainnya.

Selaini tu, baterai lead acid juga memiliki bobot lebih berat dan lebih besar dibandingkan jenis baterai lainnya.

Makanya, tak heran bila baterai ini memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan jenis baterai mobil listrik lainnya.

4. Baterai Solid State

Baterai solid state merupakan teknologi baterai yang sedang dikembangkan saat ini untuk digunakan dalam mobil listrik.

Baterai ini memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dan masa pakai yang lebih lama dibandingkan baterai Li-on. Baterai solid state juga lebih aman dan lebih tahan terhadap suhu ekstrem.

Akan tetapi, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum banyak digunakan pada mobil listrik yang diproduksi massal.

5. Baterai Nickel-Cadmium

Baterai nickel-cadmium (NiCd) merupakan jenis baterai cukup jarang digunakan pada mobil listrik saat ini karena memiliki kandungan bahan beracun, yakni kadmium, yang berbahaya bagi lingkungan.

Dari segi harga, baterai nickel-cadmium memang terbilang cukup murah, apalagi dengan kepadatan energi dan masa pakai yang dimilikinya yang melebihi baterai lead acid.

Namun, karena kandungan racun di dalamnya membuat jenis baterai mobil listrik ini jarang digunakan pada mobil-mobil listrik keluaran baru.

6. Baterai Ultracapacitor

Baterai ultracapacitor atau sering disebut superkapasitor adalah jenis baterai mobil listrik yang menawarkan keunggulan dalam hal daya tahan yang tinggi dan efisiensi pengisiannya yang cepat.

Baterai ini juga memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan baterai lainnya, namun memiliki kepadatan energi yang lebih rendah.

Namun, baterai ini memiliki kapasitas energi yang lebih rendah dibandingkan dengan baterai lainnya, sehingga biasanya digunakan sebagai tambahan atau penyimpan energi sementara dalam mobil listrik.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Ganti Aki Mobil Hybrid

Rawat Baterai Mobil Anda di Domo Hybrid Sekarang!

Buat Anda pemilik mobil hybrid atau listrik yang ingin memastikan baterai mobilnya tetap dalam kondisi optimal, Domo Hybrid adalah pilihan bengkel terbaik untuk Anda.

Sebagai bengkel spesialis mobil hybrid dan listrik yang telah bersertifikasi ISO 9001:2015, Domo Hybrid menawarkan layanan perawatan dan perbaikan baterai menggunakan SOP yang sudah terstandarisasi secara internasional.

Kami memiliki tim teknisi yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam menangani mobil listrik. Mereka juga telah dilengkapi perlengkapan dan peralatan canggih dalam mendiagnosa dan mengatasi masalah pada mobil listrik atau hybrid .

Kami siap membantu Anda menjaga kesehatan baterai mobil Anda agar Anda dapat terus menikmati performa maksimal dari mobil Anda.

Info lengkap mengenai perawatan mobil listrik atau mobil hybrid di Domo Hybrid silahkan hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0819-0510-5272 atau klik link reservasi berikut ini untuk info lengkap dan reservasi layanan.

Lokasi Domo Hybrid berada di Jl. Pegangsaan Dua No.5, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itu dia beberapa jenis mobil listrik yang umum digunakan pada mobil-mobil listrik saat ini.

Setiap jenis baterai memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, dan pemilihan tergantung pada faktor seperti biaya, berat, kapasitas energi, dan efisiensi pengisian.

Dengan memahami karakteristik dan aplikasi masing-masing jenis baterai, Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Jadi, sebelum Anda membeli mobil listrik, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat jenis baterai yang digunakan untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal dan memuaskan.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts