Kiat Perawatan untuk Mobil Listrik, Agar Performanya Selalu Optimal

Kiat Perawatan untuk Mobil Listrik

Mobil listrik semakin populer di era modern ini karena ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan energi.

Namun, banyak pemilik mobil listrik yang belum sepenuhnya memahami bagaimana melakukan perawatan untuk mobil listrik yang tepat untuk menjaga performa optimal mobil mereka.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa kiat perawatan untuk mobil listrik Anda tetap berjalan dengan baik dan efisien.

Tips Perawatan untuk Mobil Listrik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam perawatan untuk mobil listrik agar performanya selalu nyaman saat digunakan, contohnya seperti berikut:

  1. Memeriksa Sistem Baterai Secara Rutin

Baterai adalah jantung dari sebuah mobil listrik, sehingga memeriksa dan merawat baterai secara rutin menjadi kunci utama perawatan untuk mobil listrik agar tetap berperforma optimal.

Pastikan untuk mengisi daya baterai secara penuh setiap kali Anda mengisi daya, dan hindari penggunaan hingga baterai benar-benar habis.

Seringkali, mengisi daya secara penuh dan menghindari pengosongan total baterai akan membantu meningkatkan masa pakai baterai.

Selain itu, perhatikan suhu baterai. Suhu yang ekstrem, baik terlalu panas atau terlalu dingin, dapat mempengaruhi daya tahan dan kinerja baterai.

Jika memungkinkan, parkirkan mobil di tempat yang teduh atau gunakan penutup baterai khusus untuk menjaga suhu baterai tetap ideal.

  1. Perhatikan Sistem Rem

Sistem pengereman merupakan fitur penting yang harus diperhatikan pada setiap kendaraan, termasuk perawatan untuk mobil listrik.

Pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi sistem rem untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik. Ganti kampas rem jika sudah aus dan pastikan cakram rem dalam keadaan baik.

Mobil listrik menggunakan teknologi regeneratif saat pengereman, yang berarti energi kinetik saat pengereman dikonversi menjadi energi listrik yang diisi kembali ke baterai.

Baca Juga: Mengulik Cara Kerja Pengereman Regeneratif

  1. Lakukan Pengecekan Sistem Pendingin

Mobil listrik mengandalkan sistem pendingin untuk menjaga suhu motor dan komponen elektronik tetap stabil.

Suhu yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan serius pada mobil listrik Anda. Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik dan periksa apakah ada kebocoran pada sistem sebagai perawatan untuk mobil listrik.

Bersihkan saringan udara dan pastikan bahwa aliran udara ke sistem pendingin tidak terhambat.

  1. Perhatikan Ban Mobil

Ban yang dalam kondisi baik sangat penting untuk performa dan keselamatan mobil listrik Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa tekanan udara pada ban secara berkala.

Tekanan ban yang tepat akan meningkatkan efisiensi dan jarak tempuh mobil listrik Anda.

Selain itu, periksa ban secara visual untuk memastikan tidak ada paku atau benda tajam lainnya yang menempel di permukaan ban.

Kerusakan pada ban dapat mengurangi efisiensi mobil dan bahkan menyebabkan kecelakaan. Ganti ban yang sudah aus atau rusak dengan ban baru yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  1. Lakukan Pemeliharaan Sistem Penggerak

Sistem penggerak pada mobil listrik perlu diperiksa secara berkala. Pastikan semua komponen seperti motor listrik, gearbox, dan sistem transmisi berfungsi dengan baik.

Jika Anda mendeteksi masalah pada sistem penggerak, segera bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki.

Penting untuk selalu mengikuti jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil listrik Anda.

  1. Bersihkan Mobil secara Rutin

Membersihkan mobil secara teratur bukan hanya untuk penampilan, tetapi juga untuk kinerja mobil secara keseluruhan.

Debu dan kotoran yang menumpuk di permukaan mobil dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dan mengurangi efisiensi mobil listrik Anda. Selain itu, pastikan juga bagian dalam mobil tetap bersih dan terjaga dengan baik.

  1. Hindari Memuat Terlalu Berat

Mobil listrik lebih efisien ketika beban yang diangkut tidak terlalu berat. Jika Anda membawa beban berlebih atau barang yang tidak perlu, daya tahan baterai akan berkurang secara signifikan.

Usahakan untuk membawa barang sesuai kebutuhan saja agar performa mobil tetap optimal.

Selain itu, hindari membawa beban di atap mobil, seperti rak bagasi tambahan. Beban di atap dapat menyebabkan peningkatan hambatan udara dan mengurangi efisiensi mobil listrik.

Jika memungkinkan, gunakan bagasi di bagian belakang mobil untuk mengangkut barang agar pengaruhnya terhadap efisiensi mobil minimal.

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan baterai mobil listriknya atau memerlukan perawatan untuk mobil listrik yang lebih mendalam, DOMO Hybrid EV dapat menjadi solusi terbaik.

DOMO Hybrid EV adalah joint-venture antara Dokter Mobil Group dan bengkel perbaikan mobil listrik terkemuka di Malaysia.

Dengan pengalaman dan layanan terbaik, DOMO Hybrid EV siap membantu Anda mengatasi masalah dan memberikan perawatan yang optimal untuk mobil listrik Anda.

Anda pun bisa dengan bebas berkonsultasi di sini karena teknisi DOMO Hybrid EV akan sepenuh hati menjelaskan bagaimana kondisi mobil listrik Anda serta kiat-kiat bagaimana penggunaan mobil listrik yang tepat untuk terhindar dari kerusakan.

Ingin coba langsung layanannya untuk lakukan perawatan mobil listrik Anda? Atau ingin bertanya-tanya lebih dulu untuk konsultasi?

Anda cukup menghubungi via WhatsApp di sini.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi bengkel DOMO Hybrid EV yang berlokasi di:

DOMO Hybrid EV
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Jadi soal perawatan untuk mobil listrik terpercaya, pastikan hanya percayakan pada DOMO Hybrid EV, ya, DOMO Hybrid EV Lovers!

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts