Waspada! Ini 7 Penyebab Mobil Listrik Mogok di Jalan

7 penyebab mobil listrik mogok

Mobil listrik telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan dan teknologi yang semakin canggih.

Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, mobil listrik juga dapat mengalami masalah dan mogok di tengah jalan.

Dalam artikel ini, Domo Hybrid akan memberikan informasi tentang penyebab mobil listrik mogok dan solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Mobil Listrik Mogok

Berikut adalah 7 (tujuh) hal yang menyebabkan mobil listrik mogok:

1. Baterai Habis

Salah satu penyebab mobil listrik mogok yang paling umum adalah baterai yang habis. Meskipun mobil listrik memiliki jangkauan yang lebih baik daripada sebelumnya, tetapi tetap saja penting untuk memperhatikan tingkat daya baterai dan mengisi ulang secara teratur.

Jika baterai habis di tengah jalan, mobil listrik bisa mogok. Maka solusinya adalah dengan mengisi ulang baterai mobil listrik di stasiun pengisian daya terdekat atau menggunakan layanan darurat pengisian daya baterai yang tersedia di beberapa wilayah.

2. Kabel Putus

Kabel yang putus atau terputus juga bisa menjadi penyebab mobil listrik mogok. Kabel yang rusak atau terputus dapat mengganggu aliran listrik ke motor listrik, sehingga mobil tidak dapat bergerak.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa kabel dan konektor secara teratur, dan pastikan mereka dalam kondisi baik. Jika kabel putus, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

3. Kerusakan pada Motor Listrik

Kerusakan pada motor listrik juga dapat menyebabkan mobil listrik mogok. Meskipun motor listrik umumnya memiliki umur pakai yang lebih lama dan lebih sedikit komponen bergerak daripada mesin konvensional, namun komponen ini masih rentan terhadap kerusakan akibat berbagai faktor, seperti kelembaban, panas berlebih, atau keausan.

Cara mengatasi mobil listrik mogok yang satu ini adalah dengan melakukan pemeliharaan rutin dan perawatan pada motor listrik, serta menggantinya jika diperlukan.

4. Software yang Eror

Sebagian besar mobil listrik dilengkapi dengan sistem kontrol yang sangat canggih dan terhubung dengan internet.

Namun, software yang eror atau terganggu dapat menyebabkan mobil listrik mogok. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan yang tidak disengaja dalam pengaturan atau konfigurasi, gangguan sinyal, atau kegagalan perangkat keras.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu me-restart sistem kontrol atau memperbarui perangkat lunak mobil sesuai dengan instruksi produsen.

5. Aki Soak

Aki yang soak atau terendam air juga dapat menjadi penyebab mobil listrik mogok. Hal ini terutama terjadi pada mobil listrik yang digunakan di daerah dengan curah hujan tinggi atau banjir.

Air yang masuk ke dalam aki dapat merusak sel-sel baterai dan menyebabkan kerusakan.

Solusi untuk mengatasi mobil listrik mogok akibat hal ini adalah dengan mengeringkan aki dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Hindari membiarkan mobil listrik terendam dalam air dan pastikan untuk melakukan perawatan yang tepat pada sistem baterai.

6. Masalah pada Sistem Kelistrikan

Masalah pada sistem kelistrikan, seperti korsleting atau kabel yang terbakar, juga bisa menyebabkan mobil listrik mogok.

Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penggunaan yang tidak tepat, perawatan yang kurang baik, atau komponen yang sudah tua.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin pada sistem kelistrikan mobil dan mengganti atau memperbaiki komponen yang rusak.

7. ECU Rusak

ECU (Electronic Control Unit) adalah otak dari mobil listrik yang mengontrol berbagai fungsi sistem kelistrikan.

Jika ECU mengalami kerusakan atau kegagalan, mobil listrik dapat mogok atau tidak berfungsi dengan baik.

Solusinya adalah dengan mengganti ECU yang rusak dengan yang baru dan memastikan untuk melakukan konfigurasi dan pemrograman ulang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Tips Mencegah Mobil Listrik Mogok di Jalan

Adapun tips untuk mencegah mobil listrik mogok ketika sedang berada di jalan, diantaranya:

1. Periksa Kondisi Baterai Secara Berkala

Baterai adalah ‘roh’ dari mobil listrik. Kondisi baterai yang baik sangat penting untuk menjaga kinerja dan mobilitas kendaraan Anda.

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi baterai, termasuk tingkat daya, tegangan, dan keausan fisik. Pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau kebocoran yang dapat mengganggu kinerja baterai.

2. Isi Ulang Baterai Secara Berkala

Seringkali, mobil listrik mogok karena baterai yang habis atau rendah. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk mengisi ulang baterai secara berkala, terutama saat tingkat daya mencapai tingkat yang rendah.

Oleh karena itu, selalu perhatikan indikator tingkat daya baterai dan cari stasiun pengisian daya terdekat saat diperlukan.

3. Jangan Berkendara dengan Kondisi Baterai Kosong

Tips yang satu ini mungkin terdengar seperti nasihat yang jelas, tetapi seringkali pengemudi terlalu percaya diri dan terus berkendara meskipun baterai mobil listrik sudah hampir habis.

Berkendara dengan kondisi baterai yang kosong dapat merusak baterai dan bahkan menyebabkan mogok di tengah jalan.

Jadi, selalu pastikan untuk mengisi ulang baterai sebelum mencapai habis total.

4. Lakukan Perawatan Berkala Sesuai Petunjuk Buku Panduan

Sama seperti mobil konvensional, mobil listrik juga membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga kinerja dan keandalan. Lakukan perawatan rutin sesuai dengan petunjuk buku panduan yang disediakan oleh produsen mobil.

Tips mencegah mobil listrik mogok yang satu ini termasuk pemeriksaan rutin, penggantian komponen yang aus, dan pemeliharaan umum lainnya untuk memastikan mobil listrik Anda tetap berada dalam kondisi terbaik.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Mencuci Mobil Listrik

Jaga Kondisi Mobil Listrik bersama Domo Hybrid!

Memiliki mobil listrik memang memberikan banyak keuntungan, seperti ramah lingkungan dan hemat biaya bahan bakar.

Namun, sama seperti mobil pada umumnya, mobil listrik pun memerlukan perawatan rutin agar performanya tetap optimal. Percayakan perawatan mobil listrik Anda kepada Domo Hybrid!

Domo Hybrid adalah bengkel spesialis mobil listrik dan hybrid yang sudah bersertifikasi ISO 9001:2015.

Kami memiliki tim teknisi yang berpengalaman dan terlatih khusus untuk menangani berbagai jenis mobil listrik dan hybrid.

Domo Hybrid menyediakan berbagai layanan perawatan mobil listrik, antara lain:

  • Pemeriksaan dan diagnosis sistem kelistrikan
  • Perawatan baterai
  • Servis berkala
  • Perbaikan kerusakan
  • Upgrade software

Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0819-0510-5272 atau klik link reservasi berikut ini untuk info lengkap dan reservasi layanan.

Lokasi Domo Hybrid berada di Jl. Pegangsaan Dua No.5, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mobil listrik mogok yang perlu Anda cegah.

Jika Anda mengalami masalah yang lebih serius atau tidak dapat mengatasi masalah sendiri, segera hubungi layanan darurat atau bantuan jalan untuk bantuan tambahan.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts